Program Menampilkan Text

Program Menampilkan Text

Pada bab 1, saya sudah menjelaskan bagian-bagian dan fungsi dari menu dan sub menu pada borland c++, pada bab ini saya akan mengajarkan anda cara membuat aplikasi sederhana, sesuai dengan prinsip saya, saya akan mengajarkan ilmu ini dengan cara saat saya belajar borland c++, karena saya orang yang otodidak, maka saya akan mengajarkannya dengan cara yang lebih mudah, saya akan langsung mengenalkan cara membuat aplikasinya, kemudian baru saya akan menjelaskan fungsi dan bagian-bagian yang terlibat dalam pembuatan aplikasi tersebut, dalam bab per bab selanjutnya.

Tujuan:
  • Mengenal text editor 
  • Bagian-bagian dalam membuat program 
  • Penerjemahan program, compile dan run.
1.Mengenal Text Editor

Text editor adalah adalah tempat atau wadah untuk kita menuliskan script program yang akan kita buat, disinilah awal untuk membuat sebuah program atau aplikasi menggunakan borland c++. Cara membukanya, anda Klik Menu File=>Klik New=>Klik Text Editor, berikut gambar dari text editor.



Contoh Program: Menampilkan Sebarisan Text


Berikut ini scriptnya:
1
#include <stdio.h>
2
#include <conio.h>
3
4
main()
5
{
6
7
printf(“Selamat Datang Di Artikel Pemograman”) ;
8
9
getche() ;
10
}
2.Bagian-bagian Program (Struktur)



Dari script di atas, dapat diambil bahwa structur dari program C++ adalah sebagai berikut:
#include <file include>
main()
{
Pernyataan ;
}
Dari Script Diatas Dapat Diartikan Sebagai Berikut:
#include <stdio.h>
Pada baris script ini, adalah script yang pertama kali akan di proses oleh preprosesor sebelum program akan di kompilasi. Include dapat diartikan sebagai perintah input, yang di ikuti oleh header/file include (stdio), header dalam c++ terdapat beberapa buah, yang akan dibahas pada bab berikutnya. Dari setiap header akan memuat fungsi masing-masing.
main()
Blog pembangun program, atau yang disebut dengan Fungsi.
{ dan }
Menandai tubuh dari bagian fungsi.
printf
Fungsi dari header stdio
getche
Fungsi dari header conio, yang digunakan untuk menahan tampilan program saat program di run.
;
Memberikan akhir dari perintah.


3.Penerjemahan Program

  • Compile

Compile adalah suatu langkah penerjemahan program dari bahasa manusia ke dalam bahasa yang dimengerti oleh mesin. Cara menjalankannya, Klik Menu Project=>Compile, berikut gambar saat program ini di compile.



  • Run

Run adalah proses menjalankan program dari script, menjadi program jadi berextensi exe pada command prompt. Cara menjalankannya yaitu Klik Menu Debug=>Run, berikut tampilan program yang kita buat ini.


*Semoga Bermanfaat*