Cara Install SQL Server Pada Windows

Bismillahirrohmanirrohim...
Asslamu'alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh...
Sudah lama rasanya saya tidak posting, gara-gara banyak hal yang harus saya kerjakan, hehe...
Kali ini saya di kampus mempelajari tentang SQL Server, awalnya saya tidak masuk pada matkul ini, setelah pertemuan kedua, baru saya masuk, dan akhirnya saya seperti orang bego, tidak nyambung sama sekali apa yang dosen katakan, akhirnya saya hanya diam dan bermain gadget :D (jangan ditiru).
Awalnya yang diajarkan adalah SQL Server 2000, lalu mintalah saya kepada teman data installer aplikasinya, namun ERROR, akhirnya saya minta yang data installer SQL Server 2008, dan bisa di gunakan secara lancar, jika anda ingin aplikasinya, kesini saja, alamat saya di pabuaran bojong gede kab.Bogor :D
Karena saya orangnya sering tidak nyambung dengan apa yang dosen ajarkan, maka saya selalu belajar sendiri di rumah, dan menuliskannya disini, sebagai ulasan agar semakin mudah saya belajar dan membagikan ilmu kepada yang ingin belajar bersama-sama dengan saya. Baiklah jika anda sudah punya data installer SQL Server 2008 dan tidak tahu cara instalnya, disini saya kasih langkah-langkahnya, semoga bermanfaat, oya maaf saya tidak membagikan data installernya, karena hampir 4 Gb, silahkan anda cari di website lain, atau beli saja kasetnya di gramedia :)

  • Langkah-langkah Install SQL Server 2008
1. Anda double klik pada setup di software SQL Server 2008 anda.
2. Kemudian anda pilih Instalation pada pilihan sebelah kiri windows, seperti gambar dibawah ini.


3. Kemudian anda pilih New instalation or add features to an existing instalation seperti gambar di bawah ini.


4. Tunggu beberapa saat loading, setelah itu anda pilih OK.


5. Kemudian anda pilih Enter the product key, masukkan product key manual bila tidak otomatis masuk, kemudian pilih Next.


6. Anda contreng pada tulisan I accept the license term, kemudian pilih Next.


7. Kemudian anda pilih Next.


8. Tunggu hingga proses selesai, kemudian anda pilih Next.


9. Kemudian anda pilih Select All, lalu pilih Next.


10. Anda pilih Default Instance, lalu pilih Next.


11. Kemudian anda pilih Next.


12. Pada tahap ini, anda akan memodifikasi sedikit, yaitu pada Startup Type dan Account Name, sebagai berikut :

  • Startup Type (Ubah menjadi Automatic):
    • SQL Server Agent
    • SQL Server Database Engine
    • Sql Server Reporting Service
  • Account Name (Ubah menjadi NT AUTHORITI/NETWORK)


13. Kemudian anda pilih Mixed Mode (SQL Server Authentication and Windows Authentication), anda isikan password yang anda mudah hapalkan, pada textbox Enter password dan Cofirm password, kemudian anda klik Add Current User, lalu pilih Next.


14. Anda pilih Install the native mode default configuration, kemudian pilih Next.


15. Hilangkan semua contreng bila tercontreng otomatis, kemudian anda pilih Next.


16. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai kemudian anda pilih Next.


17. Kemudian anda klik Install.


18. Tunggu hingga proses install selesai, kemudian anda pilih Next.


19. Proses selesai, kemudian anda tutup windows install dengan mengklik Close.

Semoga Ilmu Kali Ini Bermanfaat Bagi Anda Semua
Tunggu Pembelajaran Berikutnya Tentang SQL Server Yang Saya Pelajari
Karena Semua Yang Ada Disini Adalah Pengalaman Saya Pribadi
Apa Yang Saya Tulis, Itulah Yang Saya Pelajari
Terimakasih Atas Kujungannya
-Wassalamu'alaikum-